Visi : TERWUJUDNYA PEMBINAAN DAN PENGAWASAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN DALAM RANGKA MEMBANGUN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH “.

Misi Pertama :

Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Inspektorat Provinsi Kepulauan Riauditempuh melalui   strategi sebagai berikut :

StrategI 1    :  Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Aparatur Pengawasan

Strategi  2   : Memantapkan dan menata kembali fungsi kelembagaan Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau.

Strategi  3   : Meningkatkan peranan dan posisi Inspektorat menjadi institusi / Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang memiliki kewenangan setingkat lebih diatas SKPD lainnya dalam hal fungsi pembinaan dan pengawasan.

Misi Kedua :

Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  secara Terkoordinasi dan Terpadu, ditempuh melalui strategi sebagai berikut :

Strategi  1   : Memantapkan penguasaan regulasi dibidang pengawasan penyeleng-garaan Pemerintahan Daerah bagi aparatur Inspektorat.

Strategi  2   : Meningkatkan kesadaran bagi SKPD di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau terhadap pentingnya pemanfaatan hasil pengawasan.

Strategi  3   : Memantapkan program kerja pembinaan dan pengawasan penyeleng-garaan Pemerintahan Daerah

Strategi  4   :  Meningkatkan peran aparat pengawasan Inspektorat agar diperoleh pemahaman yang sama dengan Aparat Pemeriksa dan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Lainnya serta Aparat Penegak Hukum (APH).