Komisi I DPRD Karimun menilai, kinerja Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Karimun, buruk. Menyusul timbulnya kemarahan sejumlah tenaga pendidik atas lambatnya penyaluran dana insentif guru TK dan PAUD.

 

Padahal, dana insentif tersebut sudah disalurkan sebelum libur Natal. Artinya, dana itu sudah berada di UPTD Karimun, dan tinggal dibagikan kepada guru-guru secara tunai.
“Jadi tidak ada alasan keterlambatan dikarenakan administrasi. Jangan kambinghitamkan alasan administrasilah. Yang jelas kinerja UPTD Karimun sangat buruk, masak harus diselesaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan,” tegas Ketua Komisi I Anwar Abu Bakar, Jumat (29/12) kemarin.

Fungsi UPTD Pendidikan adalah perpanjangan dari Dinas Pendidikan. Artinya, urusan administrasi bagi guru-guru termasuk insentif guru cukup diselesaikan di UPTD Pendidikan. Bukan sebaliknya menambah permasalahan lagi di Dinas Pendidikan. Kalau terjadi permasalahan seperti itu, yang menyelesaikan Dinas Pendidikan apa kerjanya UPTD Pendidikan Karimun tersebut.

“Kalau sudah disiarkan media massa, baru sibuk dengan berbagai alasan. Nah, yang dirugikan guru. Walaupun insentifnya tidak banyak tapi cukup berarti buat mereka. Apalagi yang beragama Nasrani, dana insentif bisa dimanfaatkan untuk Natal,” tegasnya.

Terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Karimun Rahmad merasa terganggu ketika dikonfirmasi. “Kan sudah selesai, apalagi. Kemarin, itu ada kekurangan administrasi, sehingga terjadi keterlambatan pembayaran insentif guru-guru tersebut,” kata Rahmad dengan nada tinggi melalui sambungan telepon.

Namun begitu, dikatakan, sebagian insentif dari 196 guru sudah dibagikan. Mencuatnya kasus ini, berawal dari guru-guru PAUD, dan TK yang mengeluhkan keterlambatan pembayaran insentif. Bahkan mereka mengancam untuk melaporkan Bendahara UPTD Karimun ke pihak berwajib apabila tidak dibayar pekan ini.

Sedangkan pantauan di kantor UPTD Karimun, terlihat sepi kembali setelah pada Kamis (28/12) lalu ramai di datangi para guru-guru yang ada di kecamatan Karimun untuk mengambil dana insentifnya. (tri)